Digital Marketing Strategy bersama CikalBakal Creative

Hiring a Marketing Agency Vs. In House Marketing Team - Brandastic

Source: Brandastic

Apa sih digital marketing strategy itu?

Simple-nya, digital marketing strategy adalah rencana atau langkah-langkah yang kau lakukan untuk mencapai tujuan perusahaan kamu melalui media digital. Media digital itu bisa berupa website, blog, sosial media, email, video, podcast, dan masih banyak lagi. Digital marketing strategy sangat penting karena saat ini semakin banyak konsumen yang mencari informasi mengenai produk atau jasa melalui internet. Jika perusahaan kamu tidak memiliki strategi yang jelas atau efektif untuk menjangkau dan menarik bagi konsumen secara online, maka kamu akan ketinggalan dari kompetitor lain.

 

Terus, bagaimana cara membuat digital marketing strategi yang menarik?

Tidak ada rumus pasti yang berlaku untuk semua bisnis, tapi ada beberapa langkah umum yang bisa kamu ikuti, yaitu:

1. Tentukan tujuan bisnis kamu

Apa yang mau kamu capai dengan digital marketing? Misalnya, meningkatkan awareness, traffic, leads, sales, loyalitas, atau referral. Tujuan kamu harus berdasarkan SMART (Specific, Measureable, Actionable, dan Time-related).

2. Kenali target market / audience

Sekiranya siapa yang akan menjadi konsumen potensial dari produk kamu? Apa sih kebutuhan, permasalahan, ekspektasi serta preferensi mereka? Bagaimana sih perilaku online mereka? Dimana biasanya mereka mencari informasi mengenai produk atau jasa bisnis kamu? Dari pertanyaan tersebut, kamu bisa melakukan riset pasar dengan menggunakan data sekunder (misalnya dari Google Analytics, Facebook Insights, atau survey online) atau data primer (dari wawancara atau observasi langsung).

3. Cari USP bisnis kamu

Apa yang membuat bisnis kamu berbeda & lebih baik dari kompetitor? Apakah manfaat atau value yang kamu berikan kepada konsumen? USP (Unique Selling Point) bisnis kamu harus jelas, unik, dan menarik bagi audience.

4. Memilih saluran digital yang sesuai

Saluran digital adalah platform yang bertujuan untuk menyampaikan USP bisnis anda kepada audience. Ada banyak pilihan platform yang bisa digunakan, contohnya website, blog, sosial media, email, video, podcast, dan lain-lain. Tetapi tidak semua platform akan cocok untuk bisnis yang kamu jalankan. Kamu harus memilih platform yang sesuai dengan tujuan, target market, USP, serta anggaran bisnis kamu.

5. Buat konten yang berkualitas

Konten adalah isi atau materi yang kamu buat atau bagian melalui saluran digital tadi. Konten bisa berupa teks, gambar, audio, video, atau bahkan kombinasi semuanya. Konten yang berkualitas adalah konten yang relevan dengan target market kamu, konten pun juga harus informatif atau edukatif mengenai USP produk/jasa yang kamu tawarkan.

 

Jadi, setelah memahami beberapa tips digital marketing strategy tadi, rasanya nggak bisa dipungkiri bahwa suksesnya strategi ini memerlukan angkah-langkah persiapan dan riset yang matang. Kalau kamu merasa bingung atau butuh panduan lebih lanjut untuk mengembangkan strategi yang pas, tak perlu ragu untuk mencari bantuan.

 

Tim di CikalBakal Creative, digital agency kami, siap membantu kamu menemukan langkah terbaik demi kesuksesan strategi pemasaran. CikalBakal Creative memiliki portofolio dan reputasi yang baik di industri ini, dengan klien-klien ternama seperti Telkom Indonesia, Asuransi Jasindo, DJPPR Kementerian Keuangan dan masih banyak lagi. 

 

CikalBakal Creative menawarkan layanan-layanan seperti social media management, social media content creation, social media advertising, social media analytics, hingga social media training. CikalBakal Creative memiliki tim yang profesional, kompeten, dan kreatif di bidangnya masing-masing. Percayakan bisnis kamu di tangan kami sebagai the reliable digital agency.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *